Hari-hari yang Mencemaskan

Menyimak hari-hari ini, serasa negara dalam kondisi yang tidak terlalu aman. Paling tidak terkait persoalan ekonomi. Presiden dua pekan terakhir menggelar rangkaian pertemuan dengan banyak pihak. Tema besarnya tentang kondisi ekonomi.

Keseriusan (bukan kepanikan) ini terjadi karena devaluasi mata uang yuan, penguatan mata uang dollar, krisis Yunani, konflik di semenanjung Korea, dan fenomena dunia lain. Semuanya membawa kondisi perekonomian global yang makin tidak menentu. Ekonom bilang situasi ini disebutnya dengan sebutan black monday. Senin kelabu. Situasi kelabu di saat bisnis dimulai di awal pekan.

Kekhawatiran perekonomian akan makin buruk terjadi pada saat rupiah menyentuh angka Rp 14.000 per satu dollar AS. beberapa hari bahkan lebih dari Rp 14.000 per satu dollar AS. Di media sosial, nilai tukar rupiah terhadap dollar sempat menjadi olok-olok karena mirip dengan call center makanan cepat saji.

Saya bukan orang ekonomi, tetapi mau tidak tidak mau harus memantau situasi yang tengah berkembang. Meliput peristiwa-peristiwa itu lalu menjahitnya menjadi rangkaian berita.

Kemarin, Kamis (27/8) pemerintah kembali menggelar pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta. Pemerintah menyatakan sedang menyiapkan paket kebijakan ekonomi baru untuk menjawab pelemahan ekonomi global yang sedang terjadi. Adapun target yang diharapkan dari langkah tersebut adalah menggerakkan perekonomian nasional dan mendorong masuknya valuta asing.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan bahwa pemerintah berkepentingan menarik valuta asing masuk. Harapannya langkah itu dapat menurunkan tekanan dollar terhadap rupiah. “Paket ini menyangkut sektor riil, keuangan, deregulasi kelembagaan dan aturan, penerbitan kebijakan baru, serta pemberlakuan tax holiday,” kata Darmin Nasution usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden.

Bagaimana ujung dari cerita ini ? Saya tertarik untuk terus menyimaknya..

Jakarta, Jumat 28 Agustus 2015

Author: andy riza

Saksi dari rangkaian peristiwa, berusaha menyampaikan sebenar-benarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *