Kekuatan Lagu Daerah

Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku
Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku

 

Kekuatan Lagu Daerah

Tak saya sangka, saya bisa tersentuh saat mendengar lagu daerah. Paling tidak, lagu “Aku Papua” dan “Maluku Tanah Pusaka” telah mencuri rasa cinta saya. Meski saya dari Jawa, mendengarkan dua lagu itu, rasanya menjadi bagian dari Papua dan Maluku.

Suatu hari ketika saya bertugas di Papua pada pengujung tahun 2015 dan awal tahun 2016, rasanya begitu manis. Menyusuri tanah Papua dari Merauke, Wamena, Timika, Nduga, dan Sorong, benar-benar pengalaman yang tak ingin saya lupakan. Saya ikut larut menyanyikan “Aku Papua” pada malam pergantian tahun di Pantai Wasai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat.

Hitam kulit keriting rambut aku papua//Hitam kulit keriting rambut aku papua//Biar nanti langit terbelah aku papua.” Penggalan lagu itu begitu kuat.

Edo Kondologit sangat pas menyanyikan lagu itu, hingga hampir semua yang ada di acara itu ikut menyanyi. Mereka yang bukan Papua seperti saya serasa menjadi satu, menjadi Papua. Bintang-bintang di atas Laut Pasifik menjadi saksi peristiwa itu.

Setahun berselang dari peristiwa itu, saya merasakan hal serupa, Kamis (9/2) siang. Kali ini di Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku. Saya mendengar lagu “Maluku Tanah Pusaka” begitu kuat. Di ujung bentangan Jembatan Merah Putih, lagu itu menjadi latar suara yang tepat, menggambarkan kondisi Maluku saat ini. Damai dalam persaudaraan yang kuat dan kokoh seperti Jembatan Merah Putih.

Dari ujung Halmahera//Sampai tenggara jau//katong samua basudara.” penggalan lagu yang akrab saya dengar, lalu saya nyanyikan lirih, ternyata juga diikuti rekan-rekan yang mendatangi Ambon saat itu.

Saya yakin, masih ada lagu-lagu daerah yang kuat lirik dan pesannya. Suatu saat, saya ingin merasakan seperti saya menikmati “Aku Papua” dan “Maluku Tanah Pusaka.” Lagu-lagu itu, membuat saya bangga menjadi Indonesia.

Author: andy riza

Saksi dari rangkaian peristiwa, berusaha menyampaikan sebenar-benarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *