Kebiasaan Baru Menteri Kabinet Kerja

Ada kebiasaan baru yang terlihat pada menteri Kabinet Kerja. Kebiasaan ini muncul pada saat mereka mengawali pidatonya di depan Presiden Joko Widodo. Sesuatu yang sebelumnya jarang terlihat, kini sebagian menteri mulai terbiasa meneriakkan yel yel. Inilah ceritanya…

Yel Yel Penyemangat Acara

Banjar Baru, Kompas – Sebulan tetakhir, ada yang baru dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo. Jika sebelumnya pidato-pidato menteri itu langsung disampaikan, kini tidak lagi Menteri memekikkan yel yel penyemangat. Warga yang menghadiri acara pun ikut tergerak, acara Presiden pun diawali dengan pekik yel yel.

Sejak dilantik sebagai Menteri Pendidikan 27 Juli 2016, tidak pernah terlihat oleh penulis meneriakkan yel-yel di acara resmi. Namun belakangan Muhadjir mulai menggunakan yel. Setelah melakukanya di sejumlah tempat sebelumnya, hari Senin (26/3) ini Muhadjir melakukannya di Lapangan DR Murjani, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Di depan hadirin penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan program sertifikasi guru, Muhadjir mengawali pidato seraya mengatakan kwinginanya untuk membuat acara lebih meriah. “Seperti tadi yang diajarkan Menteri Sosial Idrus Marham, mari kita teriakkan yel yel dulu,” pinta Muhadjir kepada hadirin.

Lalu Muhadjir menuntun hadirin sambil mengatakan, “Siapa kita ?” Hadirin menjawab, “Indonesia !” “Indonesia !” Jawabnya, “Sehat dan Kuat !” “Siapa Presiden Kita ?” Jawabnya, “Haji Jokowi !”
Presiden yang menyaksikan yel-yel iti tersenyum. Begitu pum Idrus Marham yang mengusulkan adamya yel.

Mihadjir juga melakukamnya di Gedung Olah Raga (GOR) Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur pada 8 Maret 2018 lalu. Tidak hanya Muhadjir, beberapa menteri lain juga meneriakkan yel-yel serupa. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melakukanya saat Presiden melakukan kunjungan di Tuban, Jawa Timur, 9 Maret 2018.

Saat itu Darmin menyampaikan, “Siapkah kita menyampaikan ucapan selamat datang kepada bapak Presiden?” Hadirin menjawab, “Siap !” “Saya hitung satu, dua, tiga !” Semua yang hadir menjawab, “Selamat datang bapak Presiden dan Ibu Iriana !” Hadirin menyambungnya dengan tepuk tangan.

Kebiasaan baru ini, menurut berbagai sumber berita yang sering mengikuti kegiatan Presiden, diawali oleh Menteri Sosial Idrus Marham di Padang, 8 Februari 2018. Setelah itu, sejumlah menteri mulai melakukan yel yel saat mengawali pidatonya.(NDY)

Haul. ulama besar, yg sanfat sihormati. i8ta lihat kemarin brapa juta yang datang. empat tahun lalu saya pernah ke sekumpul. dan kemudian tadi malam saya ke sini lagi.

Kepala Kantor Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko enggan mengomentari bursa Cawapres yang sedang ramai dibicarakan. Menurut Moeldoko, dia tidak terlalu mengikuti bursa pencalonan itu. “Saya tidak tahu, tidak mikir. Saya masih konsentrasi dengan tugas saya,” kata Moeldoko.

2 thoughts on “Kebiasaan Baru Menteri Kabinet Kerja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *