Cerita di Balik Berita

Helikopter Bell 412 milik TNI AD mendarat darurat di padang rumput Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Jumat (18/9/2020). Pendaratan darurat itu dilakukan karena awan pekat yang memayungi area itu. (Foto Andy Riza Hidayat)

Banyak sekali cerita yang tidak terceritakan dalam berita. Pembaca pun hanya tahu informasi yang tersaji di konten yang melalui proses produksi pemberitaan. Sementara hal-hal lain, mulai dari yang sepele hingga penting namun tidak sejalan dengan alur sudut pandang berita saat dibuat, mungkin akan terbuang.

Salah satu produk Harian Kompas di kompas.id, adalah “di balik berita.” Produk ini mengakomodir cerita-cerita yang sebagian besar tidak ada di dalam berita. Makanya namanya di balik berita.

Helikopter Bell 412 milik TNI AD mendarat darurat di lapangan terbuka di sekitar permukiman warga di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (18/9/2020). Pendaratan darurat itu dilakukan karena bahan bakar heli habis.

Salah satu karya saya di rubrik ini adalah kisah saat saya meliput bencana banjir bandang di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 2009 silam. Ketika itu, keselamatan saya terasa terancam oleh kepungan awan putih di atas Bukit Barisan. Saking pekatnya, saya hanya melihat putih, putih, dan putih.

Pilot helikopter yang saya tumpangi mengambil keputusan cepat. Dia mendaratkan heli di persawahan. Setelah itu, mengalihkan rute perjalanan, tetapi ternyata kehabisan bahan bakar sebelum mencapai tujuan. Selengkapnya, dapat anda baca di sini.


Selamat menikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s